Tongseng Codot Jogja
Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Tongseng Codot Jogja

Tongseng Codot Jogja dalam bahasa Indonesia, berarti tongseng kelelawar. Codot atau kelelawar yang merupakan binatang liar yang hidup di malam hari cukup ekstream dijadikan sebuah makanan. Sementara itu, Tongseng Codot Jogja ada sebuah warung makan yang menyediakan makanan ektream ini. Pemilik warung makan tersebut bernama Dani Iswanto.

Kelelawar sendiri merupakan binatang yang menjadi musuh besar para petani. Sebab kelelawar dianggap sebagai hama yang akan menghabiskan selulur hasil pertanian sebelum dipanen.

Tongseng Codot Jogja
Tongseng Codot Jogja

Meskipun tongseng codot adalah makanan ekstream, paket wisata Jogja ini banyak diburu. Sebab kelelawar ini dapat dijadikan sebagi makanan obat. Salah satu penyakit yang dapat diselbuhkan dengan kelelawar ini adalah asma. Berdasarkan pengunjung penderita asma merasa lebih setelah mengkonsumsi tongseng codot ini.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir sebab codot yang siap untuk dikonsumsi telah dibersihkan dan direbus dahulu sebelum dimasak.

Akses Menuju Wisata Tongseng Codot

Tongseng Codot Jogja ini terletak di dusun Glondong, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Karena warung makan tersebut tidak terdapat di pusat kota aksesnya cukup sulit. Karena itu sebaiknya menggunakan GPS supaya tidak tersesat.

Terlebih lagi warung makan yang sangat sederhana yang berkonsep angkringan. Sehingga keberadaan dari tongseng codot ini terbilang terpencil. Hanya penduduk lokal saja yang mengetahui dengan pasti lokasi dari warung makan ini.

Karena tongseng codot merupakan makanan ekstream, tidak ada paket tour Jogja yang memasukkan Tongseng Codot Jogja ini. Walaupun warung makan tongseng codot termasuk wisata kuliner yang tidak pernah sepi pengunjung. Sehingga bagi yang ingin mencoba kuliner ini harus melakukan traveling dengan cara touring mobil maupun motor.

Harga Kuliner Tongseng Codot

Kuliner tongseng codot ini mempunyai harga yang cukup murah. Untuk satu porsi tongseng codot seharga 12.000 IDR. Dengan harga itu, dapat menikmati seekor codot atau kelelawar. Serta harga tersebut sudah termasuk nasi, lalapan dan sambal. Bagi yang tidak begitu menyukai tongseng, dapat juga memesan menu codot goreng.

Warung makan tongseng codot dibuka setiap hari. Sayangnya waktu operasional dari warung makan ini cukup singkat yaitu pada sore hari. Jam buka warung makan ini adalah pukul 16:00 WIB hingga 21:00 WIB. Jadi bagi wisatawan yang berasal dari luar Jogja sebaiknya telah memesan homestay atau penginapan. Karena perjalanan jauh di malam hari terlalu berbahaya dan mempunyai resiko cukup besar.

Aktivitas Di Warung Makan Tongseng Codot

Di warung makan tongseng codot ini tidak hanya menyediakan satu menu. Ada beberapa kuliner yang disediakan di warung makan ini. Uniknya lagi semua kuliner yang tersedia tergolong ekstream. Karena hasil olahan binatang buas.

Menu kuliner yang tersedia antara lain burung emprit, biawak, landak, dan bajing atau tupai. Untuk menu bajing atau tupai hanya tersedia pada hari minggu. Sedangkan untuk biawak dan landak sendiri juga tidak tersedia setiap hari. Sebab stok dari binatang liar juga terbatas dan hasil perburuannya juga tidak dapat dipastikan. Sedangkan untuk burung emprit dan kelelawar tersedia setiap hari dan kuliner tersebut merupakan menu utama dari warung makan ini.

Bukan hanya wisata alam saja yang mempunyai kesan ekstream. Salah satu Tongseng Codot Jogja pun juga menyediakan kuliner ekstream yang enak dan tidak seekstream bahan utama yang dimasak.  Kuliner tersebut bisa dijadikan referensi bagi yang sedang berkunjung di Jogja. Entah ingin mengurangi penyakitnya ataupun hanya sedekar mencoba sensasi makanan ekstream.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *